CONTOH PROPOSAL PTK SD Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika
JASA PEMBUATAN PTK KENAIKAN PANGKAT
PNS/PERSIAPAN PLPG/UKG
Ggak Punya waktu mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)??? Di sini nih... Solusinya.. Ciuuussss... ambil Hp, segera hubungi CS kami, pertanyaan-pertanyaan anda seputar PTK akan terjawab dengan lengkap...haha..kaya buku aja lengkap.
Buruan...
MAU KONSULTASI PTK?
BUTUH PROPOSAL PTK?
BUTUH GAMBARAN JUDUL PTK??
BUTUH PTK LENGKAP, NO COPY-COPY, ASLI DAN
ORISINIL
PTK TERBARU DAN BELUM PERNAH TERPUBLIKASIKAN
PTK NYA SEKALIAN DIJADIKAN JOURNAL JUGA BOLEH
PAK/BU....
LANGSUNG SAJA HUBUNGI CS KAMI DI :
Jasa Pembuatan PTS |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika merupakan
salah satu mata pelajaran pokok , mata pelajaran wajib yang ada di setiap
jenjang pendidikan dasar dan menengah. Matematika juga menjadi
salah satu dari tiga mata pelajaran yang mulai tahun ajaran 2009/2010 di
masukkan dalam UASBN. Sampai sekarang masih ada siswa yang kurang
berminat terhadap Matematika dan prestasi belajar Matematikapun belum
menunjukkan hasil yang optimal.
Siswa
sekolah dasar mulai mengenal operasi hitung perkalian ketika berada di kelas
II. Seharusnya mereka sudah mengetahui konsep dasarnya ketika berada di kelas
rendah dan sudah bisa mengaplikasikan konsep tersebut ke dalam materi yang
lainnya ketika berada di kelas yang lebih tinggi yaitu kelas IV,V dan VI.
Kenyataannya siswa kelas V yang termasuk kelas tinggi, banyak yang belum hafal
perkalian dasar. Untuk mengerjakan perkalian dua angka atau
lebih mereka masih kesulitan. Kesulitan itu terlihat pada operasi hitung
perkalian ketika tes akhir pembelajaran matematika, untuk materi operasi
hitung perkalian di kelas V SD Negeri 1 Tlingsing Kecamatan Cawas
Kabupaten Klaten menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Oleh sebab itu
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk Standar Kompetensi 1 dan Kompetensi
Dasar 3 belum tercapai karena nilai sebagian siswa masih di bawah
KKM yaitu di bawah 60.
Masalah
yang juga sering muncul adalah siswa dalam kondisi terpaksa harus menelan dan
menghafal secara mekanis apa-apa yang telah di sampaikan oleh guru, sehingga
menjadikan para siswa tidak memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat,
tak kreatif dan mandiri, apalagi untuk berfikir inovatif. Selain itu,
pendekatan pembelajaran matematika masih menggunakan pendekatan tradisional,
yaitu duduk dengar catat dan hafal. Pembelajaran jadi membosankan, tidak
menarik dan hasilnya tidak memuaskan. Waktu untuk mengerjakan soalpun terasa
lebih lama, sehingga tidak semua soal dapat terjawab dengan cepat dan benar.
Mata Pelajaran Matematika pada diberikan
kepada siswa kelas V SD pada semester satu (I) untuk membekali siswa
berpikir logis , analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta mampu bekerja
sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Untuk menguasai mata
pelajaran matematika secara baik, diperlukan pemahaman konsep dan prosedur
(algoritma) secara baik pula.
Pemahaman konsep
matematika tidak lahir dengan sendirinya, tetapi diproses melalui
tatanan kehidupan pembelajaran. Tatanan kehidupan pembelajaran di
sekolah secara formal yang paling dominan adalah pembelajaran.
Berarti, praktik pembelajaran di sekolah idealnya dapat meningkatkan pemahaman
konsep siswa. Akan tetapi, ada sinyalemen bahwa sebagian praktik pembelajaran
model pada pelajaran matematika belum secara serius dikembangkan berdasarkan
prinsip-prinsip yang sahih untuk memberikan peluang siswa belajar cerdas,
kritis, kreatif, dan memecahkan masalah. Sebagian besar praktik pengajaran di
sekolah masih menggunakan cara-cara lama yang dikembangkan dengan menggunakan
intuisi, atau berdasarkan pengalaman sejawat.
Mata Pelajaran Matematika tentang perkalian
bilangan dilaksanakan semester gasal tahun 2009/2010, sehingga belum tahu
kesenjangannya. Namun kesenjangan tersebut dapat diasumsikan relevan dengan
kesenjangan yang ada pada mata pelajaran matematika yang diupayakan guru kelas
pada SD Negeri 1 Tlingsing Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Asumsi ini
peneliti ambil, karena peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah yang
berkolaborasi dengan guru kelas,guru kelas tersebut sama, materi ajar,
sarana-prasarana dan lingkungan sekolah serta karakteristik siswanya tidak jauh
berbeda.
Mata Pelajaran matematika yang diupayakan
guru kelas atau guru matematika belum menunjukkan sebagai suatu
proses peningkatan pemahaman konsep siswa. Proses pembelajaran masih sebatas
sebagai proses transfer of knowledge, bersifat verbalistik dan
cenderung bertumpu pada kepentingan guru dari bukan pada kebutuhan siswa yang
lazim disebut teacher centered. Hal ini didukung hasil pengamatan peneliti pada
semester gasal tahun sebelumnya, yaitu adanya kecenderungan guru dalam memilih
dan menggunakan metode mengajar bersifat spekulatif, yang berakibat kegiatan
pengajaran kurang menarik, tidak menantang, dan sulit mencapai
target prestasi yang ditentukan (KKM). Berdasarkan hal tersebut,
peneliti menemukan kesenjangan-kesenjangan kemampuan pemahaman konsep
siswa.
B. Identifikasi Masalah
Dari kenyataan
diatas, peneliti dengan bantuan teman sejawat untuk berkolaborasi yaitu dengan
guru kelas, bersama-sama mengidentifikasi masalah terhadap
kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil
refleksi terungkap masalah – masalah dalam pembelajaran, antara lain :
1. Kurangnya pemahaman siswa
terhadap konsep perkalian dua bilangan atau lebih dengan teknik menyimpan
2. Kurangnya alat peraga
yang digunakan guru untuk menanamkan konsep perkalian
3. Pembelajaran kurang
menarik dan tidak menyenangkan
C. Pembatasan Masalah
Pembatasan
Masalah diperlukan agar penelitian lebih efektif, efisien dan terarah. Adapun
hal-hal yang membatasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Peneliti hanya meneliti siswa kelas V SD
Negeri 1 Tlingsing Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Semester I Tahun pelajaran
2009/2010 pada materi operasi hitung perkalian.
2.
Penelitian ini difokuskan pada upaya
meningkatkan hasil belajar Matematika pada operasi hitung perkalian dengan
teknik menyimpan menggunakan peraga tulang napier.
3.
Penelitian ini diharapkan terjadi
peningkatan hasil belajar siswa.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah di atas, maka peneliti
dapat merumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut :
”Apakah penggunanan peraga Tulang Napier
dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi
hitung perkalian siswa kelas V SD Negeri 1 Tlingsing Kecamatan
Cawas Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2009/2010?”
E. Tujuan Penelitian
1.
Tujuan Umum
Tujuan umum Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar matematika
pada operasi hitung perkalian.
2.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung
perkalian dengan menggunakan peraga tulang napier sehingga dihasilkan proses
pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan pada akhirnya dapat mencapai
hasil pembelajaran tuntas.
F. Manfaat Penelitian
1.
Manfaat Teoritis
Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat memberikan informasi dalam dunia pendidikan berupa gambaran
mengenai sebuah teori yang menyatakan bahwa peningkatan hasil belajar
matematika pada operasi hitung perkalian dapat dilakukan dengan menggunakan
peraga tulang napier.
2.
Manfaat Praktis
Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini diharapkan memiliki kegunaan sebagai berikut :
a. Bagi siswa
1) Agar siswa dapat
meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal matematika terutama pada indikator
perkalian dua angka atau lebih dengan teknik menyimpan.
2) Siswa dapat meningkatkan
prestasi belajarnya dengan kemampuan menyelesaikan soal matematika pada operasi
hitung perkalian dengan menggunakan peraga tulang napier
3) Siswa dapat mengikuti
pembelajaran dengan aktif , kreatif, dan menyenangkan.
b. Bagi guru/peneliti
1) Dengan pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini peneliti memiliki pengetahuan, ketrampilan dan
pengalaman tentang Penelitian Tindakan Kelas.
2) Peneliti mampu mendeteksi
permasalahan yang ada di dalam proses pembelajaran, sekaligus mencari
alternatif pemecahan masalah yang tepat.
3) Peneliti mampu
memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung
perkalian.
4) Hasil penelitian ini
dapat digunakan sebagai langkah awal untuk penelitian selanjutnya
c. Bagi Sekolah
1) Sebagai masukan bagi guru
SD dalam mengajarkan matematika pada operasi hitung perkalian dengan teknik
menyimpan.
2) Sebagai sumbangan
pemikiran dalam usaha-usaha yang mengarah pada peningkatan kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal matematika melalui peraga tulang napier
3) Sebagai acuan untuk
melakukan kegiatan yang sejenis.
DAFTAR PUSTAKA
, 2008, Modul
Pembelajaran Diklat Peningkatan Profesi Guru Mata Pelajaran Matematika, Wonosobo
:Pemerintah Kabupaten
,2008, Jurnal
Pendidikan Widyatama , Jawa Tengah: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
,Permendiknas RI No 22
Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk SatuanPendidikan Dasar Dan Menengah,
Jakarta : CV Timur Putra Mandiri
, Matematika-
Wikipedia Indonesia,Ensiklopedia Bebas BerbahasaIndonesia,http:/www.wikipedia.com//G:\
Matematika.htm
, Google ///D:/
Pemberian persen 20 TUGAS.htm
Darhim, 1992, Work
Shop Matematika, Jakarta: Depdikbud Bagian Proyek Penataran Guru
SLTP setara D-III
FR Yayah,2006, Proposal
Upaya Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Pembelajaran
Membaca Pemahaman Dan Menulis Karangan Dengan Gambar Seri,
Wonosobo : tidak diterbitkan
Hairudin,dkk,2007, Pembelajaran
Bahasa Indonesia, Jakarta : Dirjen Dikti
Depdiknas
Handoko Tri, 2006, Terampil
Matematika 5, Jakarta : Yudhistira,
HP Mulyadi,2006 ,Permasalahan
Dalam Penelitian Tindakan Kelas, Semarang : LPMP
Kurniawati Ira,
2007, upaya meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung
bilangan bulat melalui pembelajaran dengan menggunakan peraga manik
positif dan negatif, Wonosobo :tidak diterbitkan
Slameto, 1999, Faktor-Faktor
Yang Terkait Dengan Rendahnya Tingkat Pencapaian Hasil Belajar Matematika,
Salatiga : Satya Widya
Slameto,2003,Belajar
Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
Slameto,2006, Pengembangan
Karya Tulis Ilmiah, Salatiga: UKSW
Sobel Max A dan Maletsky
Evan M, 2002, Mengajar Matematika: Sebuah buku sumber alat
peraga,Aktiitas dan Strategi, Jakarta : Erlangga
Sumantri Mulyani dan Permana Johar.2001.Strategi
Belajar Mengajar,Bandung :Maulana
Kumpulan Judul PTK dan Sekripsi Matematika SD
JASA PEMBUATAN PTK KENAIKAN PANGKAT
PNS/PERSIAPAN PLPG/UKG
Ggak Punya waktu mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)???
Di sini nih... Solusinya..
Ciuuussss... ambil Hp, segera hubungi CS kami,
pertanyaan-pertanyaan anda seputar PTK akan terjawab dengan
lengkap...haha..kaya buku aja lengkap.
Buruan...
MAU KONSULTASI PTK?
BUTUH PROPOSAL PTK?
BUTUH GAMBARAN JUDUL PTK??
BUTUH PTK LENGKAP, NO COPY-COPY, ASLI DAN
ORISINIL
PTK TERBARU DAN BELUM PERNAH TERPUBLIKASIKAN
PTK NYA SEKALIAN DIJADIKAN JOURNAL JUGA BOLEH
PAK/BU....
LANGSUNG SAJA HUBUNGI CS KAMI DI :
·
PENGARUH PENERAPAN
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM DI BANDUNG PENDIDIKAN
MATEMATIKA .
·
EFEKTIVITAS MODEL
KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMU
PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
PEMBELAJARAN BERBASIS
MASALAH TERSTRUKTUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA SMP
PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
PEMODELAN SPACE TIME
AUTOREGRESSIVE MOVING AVERAGE (STARMA) PENDIDIKAN
MATEMATIKA
·
PENGARUH PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 6BANDUNG)
PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
MENINGKATKAN
KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES
TOURNAMENTS (TGT) (PENELITIAN TERHADAP SISWA MAN 1 BANDUNG KELAS X TAHUN AJARAN
2004-2005) PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
TEKNIK PROBING DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP (SUATU
PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA SMP NEGERI 1 MARGAHAYU KELAS VIII?I
SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2006/2007 DI KABUPATENBANDUNG)
PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
SUATU PEMBELAJARAN
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIKA : STUDI EKSPERIMEN
PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KODYA BANDAR LAMPUNG PENDIDIKAN
MATEMATIKA
·
ALJABAR OPERATOR PADA
MEKANIKA KUANTUM DAN APLIKASINYA PADA PARTIKEL DALAM KISI SATU DIMENSI
MATEMATIKA
·
UPAYA MENINGKATKAN
KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY
REPETITION (AIR) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA KELAS II SMKN 12
BANDUNG PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DIMENSI DUA) PENDIDIKAN
MATEMATIKA
·
PENGARUH PEMBELAJARAN
MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN
BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS
VIII SMP NEGERI 12BANDUNG) PENDIDIKAN MATEMATIKA
·
PENERAPAN METODE
IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP (PENELITIAN TINDAKAN
KELAS TERHADAP SISWA KELAS IXH DI SMPN 26BANDUNG)
·
PENERAPAN METODE
IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP
·
PENGARUH PEMBELAJARAN
MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN
BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP
·
UPAYA MENINGKATKAN
KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY
REPETITION (AIR) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA KELAS II SMKN 12
BANDUNG PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DIMENSI DUA)
·
ALJABAR OPERATOR PADA
MEKANIKA KUANTUM DAN APLIKASINYA PADA PARTIKEL DALAM KISI SATU DIMENSI
·
SUATU PEMBELAJARAN
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIKA : STUDI EKSPERIMEN
PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KODYA BANDAR LAMPUNG
·
TEKNIK PROBING DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA
·
MENINGKATKAN
KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES
TOURNAMENTS (TGT)
·
PENGARUH PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA
·
PEMODELAN SPACE
TIME AUTOREGRESSIVE MOVING AVERAGE (STARMA)
·
PEMBELAJARAN BERBASIS
MASALAH TERSTRUKTUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA
SMP
·
EFEKTIVITAS MODEL
KONSTRUKTIVIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMU
·
PENGARUH PENERAPAN
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM DI BANDUNG
·
EFEKTIFITAS MIND
MAP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 1
MAKASSAR (FITRIANI NUR)
·
EFEKTIFITAS
PENGGUNAAN MAPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK
BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-FALAH
LEMAHABANG KEC. BONE-BONE KAB. LUWU UTARA (M. ZAINAL ABIDIN)
·
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN APTITUDE TREDMEN INTERACTIONDALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH
TSANAWIYAH MADANI ALAUDDIN PAO-PAO (SITTI SAMRA)
·
EFEKTIFITAS PENERAPAN
METODE PERMAINAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
NEGERI 38 BONTO PERAK KEC. PANGKAJENE KAB. PANGKEP (ROSDIANA)
·
PENGARUH
PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI 1 LEMBANG (MUSDALIPA)
·
DESKRIPSI KESULITAN
BELAJAR GEOMETRI TRANSFORMASI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2006 JURUSAN PENDIDIKAN
MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR (NAZWAR)
·
PENGARUH MATH
MAGIC WAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI
IKIP 1 MAKASSAR (HUSNUL KHATIMAH)
·
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVINGDENGAN MEDIA VISUAL DALAM
MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH
SUNGGUMINASA
·
PENERAPAN METODE
PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINJAI SELATAN KEC.
TELLULIMPOE KAB. SINJAI (MAKMUR)
·
PENINGKATAN MOTIVASI
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING PADA
SISWA KELAS V SD NEGERI PARANG TAMBUNG 1 MAKASSAR (ISMAIL LASSA)
·
PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL
DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 MA
MADANI ALAUDDIN PAO-PAO KAB. GOWA (AWALUDDIN)
·
PERBANDINGAN
PENERAPAN METODE HANGIS DENGAN METODE PERKALIAN
BIASA PADA TINGKAT PENGUSAAN PENGAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
NEGERI 60 BONTOPARANG KEC. MANGGARABOMBANG (ERNI PAKKALESY)
·
EFEKTIVITAS
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA KAB.
GOWA (NUR ASMI)
·
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA
MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF (RAHMAYANTI)
·
PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK POKOK BAHASAN
PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEKKABATA KABUPATEN PINRANG
(ABDUL HAKIM JUNAID)
·
PENGARUH PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPETHINK – PAIR – SHARE TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMPN 3 LEMBANG KEC. LEMBANG KAB.
PINRANG (SURIANTI)
·
PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS. NUHIYAH PAMBUSUANG
KABUPATEN POLEWALI MANDAR (HAMRA)
·
EFEKTIVITAS METODE
DRILL TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURATEA
KABUPATEN JENEPONTO (MARDIANA)
·
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR
(SPPKB) POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTS. DDI – AMBO DALLE
GALESONG BARU KOTA MAKASSAR (JUMARNI HJ.)
·
EFEKTIVITAS METODE
KUMON TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BANGGAE KABUPATEN MAJENE (NURFAIZAH)
·
PENGARUH PENDEKATAN
EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SLTPN 1 KEC. SANGGAR
KAB. BIMA (ARIF BUDIMAN)
·
ANALISIS KESULITAN
SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATRIKS PADA SISWA KELAS XII SMA PGRI
GALESONG KABUPATEN TAKALAR (HASMA)
·
PENINGKATAN MINAT
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN. MODEL MAKASSAR MELALUI ADVANCE
ORGANIZER DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (ADNAN)
·
PENGARUH
PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA (SATRIANI)
·
PENINGKATAN KUALITAS
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERPADU PADA
SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALOSI KABUPATEN ENREKANG (SALPIA)
·
PENGARUH
PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUALTERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MADANI ALAUDDIN PAO-PAO (JUMARNI
B.)
·
EFEKTIVITAS PENERAPAN
PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA KAB.
GOWA (INDAR JAYA)
·
PENINGKATAN KETUNTASAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI INTENSIFIKASI PEMBELAJARAN REMEDIAL PADA SISWA
KELAS XI IPA 4 SMUN 1 PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP (DANIATI)
·
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS XII
MA MUALLIMIN MAKASSAR (MAHMUDIN)
·
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN
MODEL PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XC MAN
1 MAKASSAR (HILFA A. MANGGALA)
·
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN BELAJAR BERMAKNA PADA SISWA KELAS VII MTSN
MA’RANG KAB. PANGKEP (NURWAHIDA HAMID)
·
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XA MAN 1 MAKASSAR MELALUI ACTIVE
LEARNING (ACHMIDSYAH YUSUF)
NAH, YANG INI TAMBAHAN DARI SAYA JUDUL SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN, PADA ANGKATAN SELAIN ANGKATAN 2004. KEBANYAKAN DARI TEMAN, MESKI GAK LENGKAP. TABEE'....
Kumpulan Judul Serta Skripsi Matematika (PTK)
JASA PEMBUATAN PTK KENAIKAN PANGKAT
PNS/PERSIAPAN PLPG/UKG
Ggak Punya waktu mengerjakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)???
Di sini nih... Solusinya..
Ciuuussss... ambil Hp, segera hubungi CS kami,
pertanyaan-pertanyaan anda seputar PTK akan terjawab dengan
lengkap...haha..kaya buku aja lengkap.
Buruan...
MAU KONSULTASI PTK?
BUTUH PROPOSAL PTK?
BUTUH GAMBARAN JUDUL PTK??
BUTUH PTK LENGKAP, NO COPY-COPY, ASLI DAN
ORISINIL
PTK TERBARU DAN BELUM PERNAH TERPUBLIKASIKAN
PTK NYA SEKALIAN DIJADIKAN JOURNAL JUGA BOLEH
PAK/BU....
LANGSUNG SAJA HUBUNGI CS KAMI DI :
Jasa Pembuatan PTS |
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
1.2
Identifikasi Masalah
1.3
Rumusan Masalah
1.4
Tujuan Penelitian
1.5
Manfaat Penelitian
1.6
Definisi Istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN
3.1
Rancangan Penelitian
3.2
Subjek, Lokasi, dan Waktu Penelitian
3.3
Teknik Pengumpulan Data
3.4
Teknik Analisis Data
3.5
Hipotesis Tindakan (jika perlu)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1
Siklus I
4.2
Siklus II
BAB V PENUTUP
5.1
Kesimpulan
5.2
Saran
Sedangkan pada bagian
akhir terdiri atas daftar pustaka beserta lampiran-lampiran yang melengkapi
skripsi. Semua judul bab ditulis di tengah (center), cetak tebal, huruf kapital, jenis
huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
Beberapa koleksi skripsi, berikut
judul-judulnya:
1.
Penggunaan Pembelajaran Kooperatif
tipe Quick on the Draw (QD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok
Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMPN 1 Belawang Kab. Batola Tahun Pelajaran
2010/2011.
2.
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Time Token Dalam Pembelajaran Geometri
Dimensi Tiga Di Kelas X.2 SMAN 1 Anjir Muara Tahun Pelajaran 2010/2011.
3.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
pada Materi Segi Empat dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Make A Match di Kelas VII D MTsN Mulawarman Tahun Pelajaran 2010/2011.
4.
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Dua Tinggal-Dua Tamu) untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Kurau Tahun
Pelajaran 2010-2011.
5.
Hasil Belajar Bangun Segi Empat
Dengan Soal Open-Ended Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jorong Tahun Pelajaran
2010/2011.
6.
Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Bangun Segiempat Dengan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two
Stray Di Kelas VII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Ajaran 2010 –
2011.
7.
Pembelajaran Operasi Perkalian dan
Pembagian Materi Pecahan Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Pada Siswa Kelas V SD Kristen BanjarmasinTahun Pelajaran 2010/2011.
8.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Dengan Metode Resitasi pada Program Linear Kelas X Teknik Konstruksi Kayu SMK
Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
9.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Siswa dengan Pendekatan Problem Posing pada Pokok Bahasan Trigonometri di
SMA PGRI 1 Banjarmasin Tahun 2010/2011.
10.
Meningkatan Hasil Belajar Matematika
dengan Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas dan
Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII A MTsN 1 Kurau.
11.
Penggunaan Pembelajaran Kooperatif
Tipe Berwisata pada Pokok Bahasan Himpunan untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun
Pelajaran 2010/2011.
12.
Peningkatan Hasil dan Aktivitas
Pembelajaran Matematika menggunakan Model Problem Based Instruction (PBI) dan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Anggrek
Banjarmasin Tahun Pelajaran 2010/2011.
13.
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Metode Kumon untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran
matematika Siswa Kelas VII A MTsN Awayan Tahun Pelajaran 2010/2011.
jika teman-teman
menginginkan file-file / isi skripsi yang judulnya ada di atas, silahkan
tuliskan permintaan Anda pada kolom komentar, trims.
No comments:
Post a Comment